Belajar Pemrograman Mobile: Memahami UI/UX di Tahap Awal

 

Belajar Pemrograman Mobile: Memahami UI/UX di Tahap Awal

Apa itu UI & UX?

  • UI (User Interface):
    Tampilan aplikasi yang dilihat dan digunakan pengguna. Misalnya: tombol, warna, ikon, layout.
    → Fokus: desain visual & interaksi.

  • UX (User Experience):
    Bagaimana pengalaman pengguna saat memakai aplikasi. Misalnya: apakah aplikasi mudah digunakan, cepat, nyaman, dan memenuhi kebutuhan.
    → Fokus: kenyamanan & alur penggunaan.


🔹 Kenapa UI/UX penting di tahap awal?

  1. Mencegah aplikasi jadi “ribet” → kalau alurnya jelas dari awal, pengguna lebih betah.

  2. Menghemat waktu pengembangan → daripada nanti bolak-balik revisi desain, lebih baik pikirkan flow sejak awal.

  3. Meningkatkan kepuasan pengguna → desain bagus + pengalaman enak = aplikasi disukai.


🔹 Langkah Awal Belajar UI/UX di Mobile

  1. Kenali pengguna

    • Siapa target aplikasi kamu? (remaja, pekerja, orang tua, dsb)

    • Apa masalah mereka yang ingin diselesaikan aplikasi?

  2. Buat Wireframe

    • Sketsa sederhana tampilan aplikasi (bisa di kertas, Figma, atau tools lain).

    • Jangan fokus dulu ke warna/ikon, tapi alur dan fungsi.

  3. Pahami Prinsip Desain UI

    • Konsistensi (warna, font, tombol seragam).

    • Hierarki visual (hal penting lebih menonjol).

    • Responsif (nyaman di berbagai ukuran layar).

  4. Uji coba sejak dini

    • Minta teman/target user coba mockup.

    • Lihat apakah mereka bingung atau lancar menggunakannya.


🔹 Tools yang Bisa Dipakai

  • Desain & Prototyping: Figma, Adobe XD, Sketch

  • Framework Mobile: Flutter, React Native, Kotlin, Swift


Ini tugas saya :




Oleh : Rian Rama Romansah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membangun Aplikasi Kuliner Nusantara dengan Login dan Navigasi Multi-Halaman

Materi Widget

Membuat To Do List Sederhana