Belajar Pemrograman Mobile: Memahami UI/UX di Tahap Awal
Belajar Pemrograman Mobile: Memahami UI/UX di Tahap Awal
Apa itu UI & UX?
UI (User Interface):
Tampilan aplikasi yang dilihat dan digunakan pengguna. Misalnya: tombol, warna, ikon, layout.
→ Fokus: desain visual & interaksi.UX (User Experience):
Bagaimana pengalaman pengguna saat memakai aplikasi. Misalnya: apakah aplikasi mudah digunakan, cepat, nyaman, dan memenuhi kebutuhan.
→ Fokus: kenyamanan & alur penggunaan.
🔹 Kenapa UI/UX penting di tahap awal?
Mencegah aplikasi jadi “ribet” → kalau alurnya jelas dari awal, pengguna lebih betah.
Menghemat waktu pengembangan → daripada nanti bolak-balik revisi desain, lebih baik pikirkan flow sejak awal.
Meningkatkan kepuasan pengguna → desain bagus + pengalaman enak = aplikasi disukai.
🔹 Langkah Awal Belajar UI/UX di Mobile
Kenali pengguna
Siapa target aplikasi kamu? (remaja, pekerja, orang tua, dsb)
Apa masalah mereka yang ingin diselesaikan aplikasi?
Buat Wireframe
Sketsa sederhana tampilan aplikasi (bisa di kertas, Figma, atau tools lain).
Jangan fokus dulu ke warna/ikon, tapi alur dan fungsi.
Pahami Prinsip Desain UI
Konsistensi (warna, font, tombol seragam).
Hierarki visual (hal penting lebih menonjol).
Responsif (nyaman di berbagai ukuran layar).
Uji coba sejak dini
Minta teman/target user coba mockup.
Lihat apakah mereka bingung atau lancar menggunakannya.
🔹 Tools yang Bisa Dipakai
Desain & Prototyping: Figma, Adobe XD, Sketch
Framework Mobile: Flutter, React Native, Kotlin, Swift

Komentar
Posting Komentar